Saturday, October 27, 2012

Cacar air

Sekitar sepuluh hari yang lalu saya terkena cacar air. Ya, di usia 27 tahun ini baru kali ini terkena cacar air, dan semoga terakhir kalinya ya Allah SWT,, aamiin..

Setelah terkena cacar, barulah cari tau ini itu, browsing sana-sini. Sedikit rangkuman dari apa yang saya baca:
1. Cacar air terjadi karena tubuh terserang virus Varicella.
Kapan virus itu masuk ke dalam tubuh saya? Saya pun tak tau pasti, (ya klo tau pastinya ga mau dong.. kabuuur..) yang jelas ga semua orang bisa terkena loh, hanya yang daya tahan tubuhnya rendah aja yang mudah terserang. Hiks memang saat itu saya lagi ga aware dengan kondisi tubuh.. jadilah.. :'(

2. Penyakit ini menular.
Namanya juga lewat virus, ga keliatan, tapi bisa menular. Bisa lewat udara, makanya hati2 banget saat napas, batuk, atau bersin. Bisa lewat air/liur juga, jadi jangan deh barengan gelas/piring/sendok/garpu nya. Jadi saat sakit, saya bener-bener menjaga jarak dengan keluarga. Dan alhamdulillah Aliva udah bisa dikasih pemahaman klo umminya lagi sakit, jadi ga boleh deket2 dulu. Tapi rasanya sediiih banget karna seminggu lebih ga bisa peluk cium aliva.. :'(

3. Siapa bilang ga boleh mandi?!
Banyak yang bilang saat cacar jangan mandi, bahkan saat wudhu juga tayamum aja. Duh duh, pendapat itu ga ada dasar ilmiahnya! Namanya sakit cacar memang sakit perih saat terkena air, tapi tubuh tetap harus dijaga kebersihannya. Jadi, tetaplah mandi dengan sabun antiseptik. Bahkan saya mandi dan keramas hampir 3x sehari saat sakit. :D

4. Gunakan bedak Salicyl untuk mengurangi rasa gatal.

5. Berobat ke dokter.
Walaupun dengan browsing kita bisa tau obat yang umum digunakan, tapi saran saya tetap lah ke dokter. Karena gejala cacar air hampir sama dengan gejala Flu Singapur yang mematikan loh.. Obat yang diresepkan dokter saat itu adalah Isoprinosine, Acyclovir tablet, Acyclovir salep, dan Tuzalos.
Setau saya (saya bukan dokter loh ya, silahkan browsing lagi) Isoprinosine untuk meningkatkan imun tubuh terhadap serangan virus. Acyclovir agar lentingan2 yang muncul di kulit cepat mengering. Dan Tuzalos untuk mengobati radang tenggorokan.
Sebelum minum obat-obatan ini, saya browsing sana-sini, dan ternyata obat-obatan di atas tidak/kurang baik bagi ibu hamil. Sebenernya saya blom hamil lagi saat itu, hanya saja sudah lewat tanggal ko blom datang bulan juga.. jadilah saya ragu untuk minum obat2an itu.. tapi selang 2 hari kemudian ternyata bulan yang dinanti datang juga, alhamdulillah, jadilah saya lahap obat2an itu, sesuai dosis tentu. :p

6. Berbahaya bagi ibu hamil.
Selain dari yang sudah saya ceritakan di atas, hasil browsingan saya, ada beberapa kasus ibu hamil terkena cacar air hingga membahayakan jiwanya, bahkan kehilangan nyawanya. Jadi, disarankan bagi yang belum terkena cacar air untuk segera imunisasi cacar, biayanya sekitar 300ribuan, tergantung tarif yang diberikan RS. Untuk balita ada yang diperbolehkan untuk imunisasi, tapi ada juga yang mensyaratkan di atas usia 6 tahun. Imunisasi bukan berarti tidak akan terkena cacar air selamanya loh.. hanya upaya agar bilapun terkena cacar tidak sampai parah akibatnya.

7. Tidak terkena cacar 2x?
Banyak anggapan jika sudah terkena cacar, tidak akan terkena lagi... Salah kawan-kawan! Dari hasil browsingan saya juga (maap udah lupa sumbernya), virus Varicella yang sudah menyebabkan tubuh terkena cacar akan tetap berada di dalam tubuh, namun dalam kondisi "terpenjara", karena tubuh sudah punya imunitas lebih. Tapi, jika daya tahan tubuh lemah, maka kabarnya tubuh bisa terkena lagi cacar yang lain, yaitu cacar ular atau herpes. Na'udzubillahi min dzalik... Ya Allah swt, lindungilah kami dari segala macam penyakit, berikanlah kami kesehatan dalam ketaatan pada Mu. Aamiin..

Ya intinya, penyakit itu jugalah warning dari Allah swt agar kita ingat untuk menjaga tubuh ini dengan lebih baik. Tubuh pun butuh perhatian. Dan agar kita lebih menghargai kesehatan. Bahwa sehat itu mahaaaaal harganya!

Tips hidup sehat:
pasti udah pada tau jugalah... makan makanan bergizi, tambah dengan vitamin, olah raga teratur, istirahat yang cukup, minum air mineral yang banyak (minimal 5 gelas lah), imbangi juga dengan buah dan sayur, dannn Sholat wajib 5 waktu. ^_^

3 comments:

  1. Maaf saya mau tanya,
    Waktu mandi 3x sehari dan keramas, itu cacarnya jadi brapa lama mengeringnya?

    ReplyDelete
  2. Saya mau tnya..apa pd saat keramas tetep menggunakan shampoo biasa atau ada obt khusus untuk cacar air?mksih

    ReplyDelete
  3. udah sembuh ya cacarnya?,,hehe saya lagi kena juga nih semoga nantitidak ada bekasnya dan tidak menularkan ke orang lain serta ini yang pertama dan terakhir kalinya,, amiin...
    sehat selalu,,,hihihihi

    ReplyDelete